Senin, 08 September 2008

Linux sepatah kata

Linux Sebuah Pengantar

Perkembangan komputer pada saat ini begitu cepat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Banyak aktivitas yang hampir tidak pernah berhenti untuk terus mengembangkan teknologi baik di kegiatan persekolahan maupun perusahan-perusahan yang ada di dunia.

Perkembangan computer juga memaksa banyak pihak yang semakin mengembangkan rekayasa perangkat lunak (Software Engineering) karena dituntut software-software tersebut semakin mampu membantu segala hal untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Salah satunya adalah sedang maraknya perkembangan GNU/Linux yaitu sebuah system operasi berbasis OPEN SOURCE. Sebelum kita membicarakan Linux ada baiknya saya utarakan dulu apa itu sistem operasi. sistem operasi adalah sebuah software dasar computer yang mengembalikan operasi dasar dari sistem computer tersebut. Seluruh software tidaklah berarti tanpa adnya sistem operasi yang berhubungan dengan mesin computer tersebut.

Linux sebenarnya proyek hobi seorang mahasiswa finlandia Linus B. Torvald yang ingin memperbaiki MINIX sebuah OS berbasis UNIX sehingga ini ingin membuat sebuah sistem yang lebih handal serta berbasis kode terbuka sehingga setiap rang dapat mempelajarinya dan dapat mengembangkannya. Setelah kernel linux pertamanya selesai ia kemudian mengumumkannya kepada seluruh orang lewat e-mail. Banyak orang yang mendukungnya, sehingga ribuat programmer dan UNIX hacker bekerja sama di dalam komunitas dalam mengembangkan GNU/Linux beserta free software lainnya.

Richard Stallman mendirikan Free Software Foundation sebagai wadah dalam mengembangkan Perangkan lunak dengan source kode yang terbuka sehingga perkembangan linux begitu cepat dan linux hadir dengan paket-paket yang lengkap dengan software-software yang free dan setiap orang bisa ikut serta dalam mengembangkannya.

Linux kini hadir dengan paket yang sering dikenal dengan Distribusi Paket (distro) yang lengkap dan semakin handal serta sangat membantu pekerjaan manusia tanpa mengelurkan biaya yang tinggi.

Linux yang dulu dikenal sebagai OS yang text-based sekarang semakin cantik dengan tampilan GUI serta windowingnya sehingga orang semakin tertarik menggunakannya dan semakin mudah menggunakannya serta begitu banyak yang membantu kita dalam komunitas linux.
(LitBang)

Tidak ada komentar: